Hermeneutika dan Ilmu-ilmu Humaniora

Rp 120.000 15%
Rp. 102.000

Buku ini adalah kumpulan esai ilmiah Paul Ricoeur yang ditulis selama dekade 70-an. Semuanya ada 11 esai yang diklasifikasikan ke dalam tiga bagian. Tidak sebagaimana buku kumpulan esai pada umumnya yang temannya berbeda dari satu esai ke esai lainnya, buku ini seolah buku utuh dengan satu tema besar. Ia berusaha menjawab pertanyaan yang tidak gampang: mungkinkah hermeneutika, setelah direkonstruksi melalui fenomenologi, menyediakan metode baru bagi ilmu-ilmu humaniora “seketat” metode saintifik bagi ilmu-ilmu alam?

“Esai-esai yang dikumpulkan oleh John Thompson menjadi satu buku berjudul Hermeneutika dan Ilmu-ilmu Humaniora ini berasal dari karya-karya terbaru Ricoeur.... Esai-esai ini sudah dipilih dengan hati-hati, dan buku ini semakin memberikan manfaat dengan adanya penjelasan yang sangat lengkap oleh editornya pada bagian pendahuluan. Penjelasan ini memberikan kita pemahaman yang komprehensif dan terintegrasi tentang bulir-bulir pemikiran Ricoeur.... Saya kira, tidak ada yang akan gagal memperoleh pencerahan dan memahami tantangan dari membaca buku ini.”

—Anthony Giddens, The Times Literary Supplement

“Paul Ricoeur adalah perwakilan fenomenologi yang paling penting di Prancis. Sebagai penulis yang sangat produktif, karyanya sudah memberikan pengaruh luar biasa di beberapa wilayah filsafat, seperti filsafat agama, studi tentang simbolisme, studi tentang metafora dan bahasa.... Hermeneutika dan Ilmu-ilmu Humaniora ini menyediakan sebuah pengantar yang sempurna bagi kerja intelektual Ricoeur yang, dengan memfokuskan pembacaan kita terhadap tulisan-tulisan terbarunya di buku ini, terus menyuntikkan tema-tema dan perspektif-perspektif segar miliknya ke dalam arus utama penyelidikan di dalam teori sosiologis.”

—The Times Higher Education Supplement

“Pengantar dari John Thompson yang sangat jernih sangat membantu kita memahami target dari esai-esai Ricoeur di buku ini, sekaligus membuat kita tahu sejarah singkat karier Ricoeur beserta fokus-fokus tematik dari karya-karya besarnya yang lain. Kumpulan esai yang terpilih di sini sejatinya mengumpulkan dalam satu buku upaya-upaya Ricoeur sampai tahun 1970-an untuk menjawab tantangan-tantangan dari berbagai mazhab intelektual. Konfrontasi-konfrontasi ini, menurut Ricoeur, bukan sebuah eklektisme melainkan dilandasi oleh rangkaian respons-respons intelektual yang berkesinambungan, hidup dan terbuka, menyoroti bukan hanya isu-isu filosofis nyata terhadap interpretasi, tetapi juga isu-isu relevan yang dihadapi ilmu-ilmu sosial, psikologi, psikoanalisa, teologi, dan banyak lagi disiplin keilmuan.”

—Review of Metaphyscis

Rincian buku:

Penulis : Paul Recoeur
Penerbit : Ircisod
Tahun terbit : 2021
ISBN : 9786236166369
Halaman : 552

Buku Terkait


Hans Albert
Rp 70.000 25%
Rp 52.500

René Descartes
Rp 55.000 %
Rp 55.000

John B. Thompson
Rp 80.000 25%
Rp 60.000

John B. Thompson
Rp 70.000 25%
Rp 52.500

Afthonul Afif
Rp 55.000 25%
Rp 41.250

Max Horkheimer & Theodor W. Adorno
Rp 65.000 25%
Rp 48.750